Pencarian Google kini tersedia dalam Bahasa Bali Agustus 2016 Terbaru

on Saturday, February 16, 2013

Pencarian Google kini tersedia dalam Bahasa Bali. Meningkatnya popularitas Provinsi Bali sebagai salah satu pusat pariwisata terbaik di dunia ternyata membuat Raksasa Search Engine, Google menempatkan tambahan Bahasa Bali di Search Engine nya. Tentu saja dengan hadirnya Bahasa Bali ini total sudah ada 2 bahasa daerah yang nampang di google setelah sebelumnya Bahasa Jawa terlebih dahulu disematkan di google.

Meski Bahasa Bali telah disupport oleh mesin penelusuran Google, Sayangnya bahasa Bali sampai saat ini belum didukung oleh Google Translate. Meski demikian, pilihan pencarian dalam bahasa Bali telah tersedia di halaman mesin pencari Google Indonesia, yakni google.co.id.


Dilansir dari berbagai media berita, proses penerjemahan google ke bahasa Bali ini dilakukan pada bulan Maret 2012 lalu. Google menggandeng Yayasan Dwijendra dan BASAbali.org dalam proses penerjemaah selain itu Google juga menggandeng sekitar 45 mahasiswa dan ahli bahasa dari Universitas Udayana dan Balai Bahasa untuk membantu proses penerjemahan.

Nah, itulah tadi informasi mengenai Pencarian Google kini tersedia dalam Bahasa Bali. Dengan hadirnya mesin penelusuran google dalam bahasa daerah seperti bahasa Bali dan bahasa Jawa ini diharapkan dapat melestarikan bahasa daerah yang dinilai mulai tergerus oleh arus globalisasi. Dan kedepannya semoga saja bahasa daerah lain macam, Bahasa Sunda dan Bahasa Minang dll juga dimasukkan dalam mesin pencari raksasa ini.
Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.